Tips Membuat Password dan PIN yang Aman

Daftar Isi

Setiap tahunnya, berbagai perusahaan keamanan internet selalu merilis daftar kata sandi yang gak dianjurkan untuk dipakai karena dinilai lemah. Perusahaan seperti SplashData, Keeper, dan National Cyber Security Center merilis 20 hingga 25 password yang paling banyak dipakai pada tahun 2018. Password tersebut antara lain 12345, 111111, 123123, password1, qwerty, iloveyou, monkey, !@#$%^&*, dan masih banyak lagi.

Kalau ada satu dari beberapa password tersebut yang turut kamu pakai, lebih baik ubah password kamu segera. Menentukan kata sandi untuk mengakses akun pribadi gak boleh disepelekan. Banyak kasus kejahatan di dunia maya yang terjadi karena keamanan terhadap akun pribadimu yang lemah. Mulai dari e-mail pribadi, akun media sosial, hingga cloud service, semuanya gak lepas dari incaran cyber attack.

Keamanan akun pribadi bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu membuat password atau PIN yang cukup kuat dan gak mudah dipatahkan.

Password

Pastikan untuk memiliki lebih dari satu password yang bisa digunakan untuk berbagai akun yang dimiliki. Triknya adalah gunakan password yang acak tetapi tetap mudah diingat oleh kamu sendiri. Untuk membuat password yang aman, kamu bisa mengikuti beberapa hal berikut ini:

  1. Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Walaupun gak diwajibkan di awal, akan lebih baik jika password yang kamu buat untuk akun PPOB MBI Telecom ( SBpays, Onpays ) milikmu juga mengandung karakter khusus.
  2. Buat minimal 8-10 karakter untuk password dengan kombinasi yang disebutkan di poin sebelumnya. Kami sarankan diaplikasi kami diwajibkan membuat minimal 8 karakter.
  3. Hindari memakai nama atau kombinasi angka yang berhubungan dengan kamu secara langsung, misalnya nama panggilan dan tanggal lahir sebagai kombinasi.
  4. Siapkan beberapa variasi password yang mudah diingat. Agar lebih mudah, kamu bisa mengombinasikan beberapa password yang sudah kamu pakai sebelumnya. Misalnya, [kata pertama][angka pertama] dengan [kata kedua][angka kedua] divariasikan menjadi [kata pertama][angka kedua].
PIN

Sama seperti password, siapkan PIN yang berbeda untuk akun yang berbeda pula. Pada, misalnya, buat PIN yang berbeda untuk masing-masing kartu. Tanggal memang selalu jadi pilihan yang paling mudah untuk dijadikan 6 digit PIN. Walaupun begitu, hindari memakai kombinasi angka yang mewakili kamu secara langsung dan bisa diketahui secara mudah seperti tanggal lahir atau tanggal pernikahan. Kamu bisa memilih tanggal dari kejadian penting yang pernah kamu alami sebagai alternatif PIN, misalnya tanggal pertama kali kamu berangkat jalan-jalan ke luar negeri atau tanggal wisuda.

Selain membuat password dan PIN yang kuat, kamu juga bisa menyiapkan beberapa alamat e-mail untuk kebutuhan berbeda. Misalnya, memisahkan alamat e-mail yang kamu pakai untuk kebutuhan pekerjaan, media sosial, e-Commerce, dan perbankan. Khusus untuk e-mail perbankan, kamu bisa memberikan tambahan keamanan dengan membuat e-mail baru menggunakan username yang gak mudah diidentifikasi.

Terakhir, ada baiknya bila kamu mengubah password dan PIN secara berkala. Saran kami, ubahlah password dan PIN kamu minimal enam bulan sekali.

Membuat dan mengelola password dan PIN memang bukan hal yang mudah, tetap butuh perhatian khusus dan ketelitian. Walaupun begitu, ini adalah langkah pertama untuk memastikan kamu terhindar dari hal yang gak diharapkan.

Apakah artikel tersebut bermanfaat ?

Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak orang yang tau tentang kabar ini. Terima kasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Comments are closed.

DAFTAR
×
Mitra terdaftar hari ini