LAKU PANDAI untuk membantu pemerataan layananan perbankan di Indonesia

Daftar Isi

LAKU PANDAI atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) adalah adalah program bentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan untuk meningkatkan layanan keuangan secara merata di seluruh Indonesia. Faktor pendorong terbentuknya LAKU PANDAI adalah karena masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mengenal dan belum tersentuh layanan perbankan.

Ada banyak alasan kenapa masih banyak masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan, diantaranya adalah karena lokasi Bank yang jauh dari pemukiman masyarakat, dan adanya biaya dan syarat yang memberatkan. Program LAKU PANDAI tersebut telah berjalan selama dua tahun lebih dengan tujuan terwujudnya layanan keuangan yang inklusif di masyarakat Indonesia.

Kenapa Laku Pandai diperlukan?

  • Masih banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Antara lain, karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan.
  • OJK, industri perbankan, dan industri jasa keuangan lainnya berkomitmen mendukung terwujudnya keuangan inklusif.
  • Pemerintah Indonesia mencanangkan program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) padaJuni 2012, satu program di antaranya adalah branchless banking.
  • Branchless banking yang ada sekarang perlu dikembangkan agar memungkinkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya menjangkau segenap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Program ini bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan. Selain itu, juga melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar wilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro.

entunya layanan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan karena bisa digunakan untuk banyak hal, misalnya permodalan Usaha Kecil Menengah. Selain itu, masyarakat di berbagai daerah, baik itu perorangan maupun badan usaha, bisa menjadi agen dari sebuah bank karena program LAKU PANDAI ternyata melakukan perekrutan agen di daerah.

Apakah artikel tersebut bermanfaat ?

Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak orang yang tau tentang kabar ini. Terima kasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Tinggalkan Balasan

DAFTAR
×
Mitra terdaftar hari ini