Analisa Modal dan Perhitungan Bisnis Pembayaran Online PPOB MBI TELECOM

Daftar Isi

Bisnis pembayaran online (PPOB / Multi Pembayaran) bisa dikatakan sebagai sebuah bisnis modal kecil yang cukup menjanjikandengankonsep side bisnis (bisnis sampingan) atau core bisnis (bisnisutama). Dengan modal yang relative kecil / terjangkau, apalagi jika loket pembayaran online  ini digabungkan dengan outlet bisnis lain yang sudah ada, maka modalnya akan semakin hemat. Misalnya dengan took kelontongan, Counter pulsa (Server Pulsa), Gerai agen beras, Pangkalan atau Agen Gas Elpiji 3 KG , BMT, Koperasi, Dll Pada praktiknya realisasi bisnis PPOB mitra kami PPOB MBI Telecom di lapangan sebagian mengkolaborasikan bisnis ppob ini dengan kegiatan usaha yang sudah berjalan sebelumnya. Banyak temuan bahwa pada kenyataannya dengan membuk ausaha PPOB bisa mengundang konsumen baru untuk dating ketempat usaha mereka Perhitungan Modal Awal Bisnis Pembayaran Online Mari kita coba untuk menghitung berapa besar kebutuhan modal yang harus disediakan untuk bisa menjalankan bisnis pembayaran online ini.

Modal Awal Rupiah
Komputer  1 unit (PC/Notebook) 1.500.000
Modem internet 200.000
Printer dotmatrik 350.000
Meja dan kursi 250.000
Pendaftaran dan deposit awal 500.000
Sewa tempat (jika sewa tempat) 3.000.000
Total Modal Awal 5.800.000

Keterangan :

  1. Komputer menggunakan computer standar yang spesifikasinya memenuhi syarat untuk akses internet / koneksi data internet
  2. Modem internet menggunakan modem portable
  3. Printer menggunakan jenis dot matrik, selain lebih hemat (tanpa tinta) juga bisa untuk mencetak kertas struk bukti pembayaran yang menggunakan salinan, baik dengan kertas carbon atau kertas NCR. Kertas Continous Page / Kertas Struk diberikan GRATIS kepada seluruh Mitra MBI
  4. Modal untuk peralatan meja kursi dan sewa tempat bisa dihilangkan dari perhitungan, jika loket pembayaran online ini digabung dengan outlet bisnis yang lain.Maka perkiraan modal yang dibutuhkan menyusut menjadi Rp. 2.550.000,-
  5. Biaya pendaftaran, digunakan untuk biaya administrasi pendaftaran, cetak spanduk/ banner, kertas struk pembayaran dan sebagai deposit awal.

Perhitungan Keuntungan Bisnis Pembayaran Online

Untuk menghitung perkiraan keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis pembayaran online ini setiap bulannya, maka terlebih dulu kita hitung berapa perkiraan pengeluaran bulanannya. Perhitungan Pengeluaran Bisnis Pembayaran Online (1 bulan)

Pengeluaran Rupiah
Biaya internet 500.000
Biaya listrik 100.000
Kertas struk GRATIS
Pita Printer Cadangan 50.000
Gaji karyawan (1 orang) 800.000
Sewa tempat 600.000
Total Pengeluaran 1.600.000

Keterangan :

  1. Biaya internet tergantung ari operator masing-masing. Lebih hemat jika menggunakan sistem quota bulanan.
  2. Jika loket pembayaran online ini digabung dengan outlet bisnis yang lain, maka biaya listrik, gaji karyawan, sewa tempat, bisa dihilangkan dari perhitungan. Sehingga pengeluaran bulanannya bisa menyusut menjadi hanya Rp. 175.000, -saja.

Perhitungan Laba Kotor Bisnis Pembayaran Online 

Untuk menghitung laba kotor, dengan cara menghitung item transaksi, pada bisnis pembayaran online ini lebih mudah dan jelas dibandingkan dengan menghitung dengan cara menghitung nominal transaksi. Karena keutungan dari bisnis PPOB MBI  Telecom dihitung pertransaksi, yaitu antara Rp. 1.800 РRp. 2.000 (tergantung perusahaan/ bank penyelenggara pembayaran online). Bahkan PPOB MBI Telecom memberikan penawaran fee tinggi khusus Agen yang berstatus sebagai Koordinator Wilayah / Propinsi Jika dalam perhari ada 100 item transaksi ( bukan jumlah konsumen, karena satu konsumen bisa melakukan lebih dari 1 transaksi. Misal : bayartagihan listrik, air minum, tambah tagihan telepon. Bahkan bisa juga untukpembayaran angsuran kredit/ leasing kendaraan bermotor dll.) Maka 1 bulan ada sekitar 3.000  item transaksi, sehingga bisa diperoleh laba kotor Rp. 6.000.000,- ( asumsi komisi Rp. 2.000,- pertransaksi) Dalam satu bulan akan diperoleh laba bersih :

  1. Jika loket pembayaran online berdiri sendiri Rp. 6.000.000,- – Rp. 1.600.000,- = Rp. 4.400.000,-
  2. Jika loket pembayaran online digabung dengan outlet bisnis lain  Rp. 6.000.000,- РRp. 200.000,- = Rp. 5.800.000,-

Dari analisis secara umum diatas. Bisnis PPOB sangat profitable (menguntungkan) baik dijalankan sebagai bisnis sampingan atau bisnisutama. Lumayan Buat Tambahan Profit/Penghasilan Bulanan Anda, Bukan ???? Tapi mohon diperhatikan, perhitungan laba bersih diatas diasumsikan dijalankan oleh 2 orang karyawan. Kalau bisnis pembayaran online ini dijalankan sendiri, tentu biaya gajikaryawan bisa dihilangkan.   Demikian artikel Modal dan Perhitungan Bisnis Pembayaran Online, semogabisa memberi inspirasi bisnis kecil UMKM pada kita semua Bisnis PPOB MBI Telecom Menjadi Primadona Bisnis PPOB Menjelang Awal Tahun 2017, Puluhan ribu mitra tersebar di seluruh Indonesia   Asep Rahmat Hidayat A.Md S.Kom

Bagikan artikel ini jika menurutmu artikel ini bermanfaat.

Peluang Buka Usaha Agen Pembayaran,
Mudah dan menguntungkan bersama MBITelecom.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang.

Tinggalkan Balasan

Kategori Pilihan
×
Mitra terdaftar hari ini